Mobil Anda Terendam Banjir? Lakukan Cara Ini Agar Tidak Terjadi Masalah

Mengatasi mobil yang terendam banjir bisa dikatakan cukup rumit, akan tetapi hal ini wajib dilakukan agar kendaraan bisa digunakan seperti biasanya.

Jika mobil Anda salah satunya, maka pastikan untuk mengatasinya dengan benar setelah banjir surut. Sedangkan untuk solusi yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki mobil yang terendam banjir bisa mengikuti cara dibawah ini

1. Pindahkan Mobil Ke Tempat Yang Lebih Aman

Setelah mobil Anda terendam banjir, ada baik ketika ingin dibersihkan dipindahkan ke tempat yang lebih aman atau lebih tinggi. Akan tetapi, ketika kamu ingin memindahkannya pastikan kondisi mesin dalam keadaan mati. Artinya, kamu memindahkan mobil dengan cara di dorong atau di derek. Kemudian kamu bisa ganjal keempat roda dengan balok atau batu supaya posisi mobil tidak bergeser. Pastikan kamu menggunakan rem tangan karena kondisi kaki mobil masih ada bekar lumpur akibat terendam banjir.

2. Lepaskan Aki

Langkah pertama yang pertama perlu kamu lakukan untuk memperbaiki mobil yang terendam banjir, yaitu melepaskan aki mobil. Copot kabel negative dan positifnya kemudian angkat aki dari tempatnya. Hal ini berguna untuk menghindari risiko terjadinya arus pendek pada komponen kelistrikan mobil yang dapat menyebabkan kebakaran. Ketika aki dicopot, Anda lakukan pemeriksaan kondisi aki, apakah aki tersebut masih bisa menghantar listrik dengan baik atau tidak. Jika tidak, kamu bisa menggantinya dengan aki yang baru.

3. Bersihkan Tangki Bensin

Untuk membersihkan tangki bensin, cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mencopot tangki bensi dari posisinya lalu baru keluarkan seluruh bahan bakar yang ada di dalam tangki. Lalu, tangka dibersihkan dengan air bersih mengalir sampai sisa-sisa air banjir benar-benar hilang.

Jika Anda tidak sanggup dalam membersihkan tangki bensin, Anda bisa meminta bantuan montir. Air laut berpotensi mengundang karat di bagian panel mobil yang berbahan dasar logam, termasuk tangki BBM. Oleh karena itu pastikan, tangki mobil Anda yang terendam banjir sudah dibersihkan.

4. Cek Oli

Cara untuk membersihkan oli pada mobil, buka dip stick oli lalu perhatikan warna oli. Jika oli berwarna coklat muda dan teksturnyanya lebih encer dari biasanya, maka dapat dipastikan bahwa oli tersebut sudah tercampur dengan air banjir. Maka lebih baik Anda membuang sisa-sisa oli tersebut lalu menggantikannya dengan oli yang baru.

5. Cek Bagian Lampu

Lampu merupakan komponen yang harus dibersihkan secara mendetail ketika mobil habis terendam banjir. Mengigat selain adanya ancaman karat, jika masih ada sisa-sisa air maka juga akan berpotensi konsleting. Oleh karena itu, agar pembersihannya maksimal Anda bisa mencopot lampu-lampu tersebut terlebih dahulu untuk dibersihkan.

Setelah melakukan kelima hal diatas, pastinya mobil Anda akan bisa bekerja sesuai performa awal. Jika setelah diperbaiki akan tetapi tetap muncul masalah-masalah baru pada kendaraan. Anda bisa menjual mobil tersebut, lalu membeli mobil baru. Tenang saja, untuk mendapatkan mobil baru Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dalam jumlah yang besar.

Hanya dengan mengujungi situ SEVA Anda bisa membeli mobil sesuai kebutuhan lho. Bahkan kamu tidak perlu ragu untuk membeli mobil disini, karena terdapat fitur kalkulator pembiayaan sebelum Anda memilih mobil apa yang ingin dibeli. Fitur ini akan benar-benar membantu Anda dalam mengatur kondisi keuangan, mulai dari pemasukan hingga pengluaran untuk membayar angsuran nantinya.