Agar Bisnis Berkembang Pesat, Ini 6 Fitur yang Wajib Ada Dalam Aplikasi UKM

Kamu lagi mencari aplikasi untuk UKM atau UKM kamu? Pastikan jangan sampai salah pilih software bisnis nih pebisnis. Karena kalau sampai salah pilih yang ada bukan memudahkan kamu malah buat kamu jadi makin kesulitan nih urus bisnis.

Tapi sebelum kamu memutuskan gunakan aplikasi untuk bisnis, mending kamu simak artikel ini dulu deh. Soalnya aku bakalan kasih tahu kamu nih, fitur apa aja yang penting buat usaha kecil atau UKM di dalam software penjualan.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung baca artikel sampai selesai ya.

Fitur yang Wajib Ada Didalam Aplikasi UKM

Sebelum bisnis kamu memutuskan buat menggunakan software bisnis, ada baiknya kamu tahu dulu nih fitur apa aja yang wajib ada di aplikasi ukm.

Pastinya software ini bakalan membantu kamu memudahkan operasional bisnisnya. Mulai dari urus persediaan barang, cepatnya memproses pesanan, dan masih banyak lagi. Tanpa perlu berlama-lama, yuk langsung aja ke penjelasan selengkapnya berikut ini.

1. Manajemen Stok Barang

Fitur yang wajib ada di aplikasi ukm adalah pengelolaan manajemen stok barang. Kenapa sih fitur yang satu ini penting banget bagi ukm maupun bisnis yang udah besar? Coba deh kamu bayangin tanpa persediaan barang yang tercukupi, bagaimana kamu bisa menjual produk kamu ke pelanggan kalo barangnya kurang.

Maka dari itu, fitur ini penting sekali dan harus ada di seluruh software penjualan, supaya bisa memudahkan pebisnis dalam mengatur persediaan barang. Apalagi nih, pengelolaan stok sering kali dialami oleh penjualan online (seller) yang berjualan di marketplace.

Contohnya mereka sulit melakukan sinkronisasi stok di semua channel penjualan. Ketika ada penjualan produk dari Shopee, produk akan otomatis berkurang di semua toko kamu di marketplace lainnya.

Jadi, kamu nggak perlu tuh mengubah stok secara manual lagi di seluruh marketplace sehingga meminimalisir kesalahan input barang deh.

2. Integrasi Ke Semua Channel Penjualan

Kamu punya jualan offline dan online? Tenang aja, kalau pakai aplikasi jualan nggak perlu khawatir lagi. Soalnya kamu bisa menghubungkan semua channel penjualanmu, seperti marketplace, social commerce, webstore, dan toko fisik kamu.

Nggak perlu lagi deh tuh urusnya satu persatu lagi, kamu bisa lakukan semua aktivitas bisnis secara bersamaan cuma dari satu dashboard.

Mau proses pesanan sekaligus dari semua toko? Bisa, Atau pengen lebih gampang dalam mengatur persediaan barang? Pasti bisa dong. Pokoknya kalau pakai aplikasi ukm online, dijamin deh seluruh operasional bisnismu jadi lebih efisien dan mudah.

3. Bisa Upload Produk Sekaligus

Bukan cuma urusan atur stok barang aja nih melainkan kamu pun bisa mengupload semua produk sekaligus nggak perlu satu persatu. Biasanya mungkin kamu harus upload produk satu persatu di semua marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lainnya.

Kalau kamu masih melakukannya secara manual pastinya bakalan menguras waktu dan tenaga kamu bukan? Nah, makanya hadirlah software toko online yang bisa bantu kamu untuk upload produk massal di marketplace, karena tersedia fitur crosslisting.

Dengan crosslisting, kamu dapat mengunggah semua produk sekaligus dengan deskripsi produk, kategori barang di setiap marketplace. Bukan cuma di marketplace aja nih tapi di social commerce (TikTok Shop, Instagram, Facebook) dan webstore. Gimana? Lebih mudah dong pastinya kalau memakai aplikasi ukm.

4. Proses Semua Pesanan Dari Satu Sistem

Seperti yang sebelumnya aku singgung nih, kalau ternyata aplikasi ukm bisa memudahkan kamu dalam memproses semua pesanan yang masuk. Kalau kamu masih proses orderan secara manual, harus buka satu persatu marketplace terus mesti buka label pengiriman manual.

Tenang aja, kamu sekarang bisa kok proses semua orderan yang masuk cuma dari satu dashboard aja. Jadi, nanti semua pesanan dari berbagai channel penjualan bakalan masuk tuh ke dalam dashboard tersebut dan kamu tinggal cetak label pengirimannya deh.

Cuma butuh satu kali klik, kamu udah dapat memproses semua pesanan dari bisnis online kamu. Gampang banget kan? Kapan lagi urus operasional bisnis secara mudah.

5. Tersedianya Sistem Manajemen Gudang

Terakhir, mungkin ada beberapa aplikasi ukm yang belum menyediakan fitur yang satu ini yaitu sistem manajemen gudang (WMS). Buat kamu yang punya banyak stok barang atau pun yang memiliki gudang, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk membantu kelola gudang supaya maksimal.

Mulai dari tata letak barang, layout rak, penempatan barang, pengambilan barang, sampai ke proses pengiriman kepada pelanggan juga.

Kamu nggak perlu khawatir lagi kalau tiba-tiba stok habis (overselling), karena ketika nanti produk mulai habis kamu bakalan mendapatkan notifikasi sehingga bisa lakukan restock barang deh.

6. Rekomendasi Aplikasi untuk Usaha UKM

Emang ada aplikasi ukm gratis yang punya semua fitur tersebut? Ya jelas ada dong, bahkan bukan cuma fitur yang sebelumnya aku sebutin aja tapi masih ada banyak fitur lainnya yang bisa kamu gunakan.

Mulai dari, platform omnichannel, integrasi dengan software POS, bisa buat website toko online, fulfillment, sampai buat program loyalitas pelanggan juga bisa. Namanya Mekari, kamu udah bisa mendapatkan ekosistem yang lengkap, mau jualan offline dan online bersamaan pun bisa dong.

Bahkan kamu bisa mendapatkan software toko gratis punya Mekari, penasaran gimana mudahnya urus bisnis pakai Mekari? Yuk kunjungi website Mekari.com