5 Alasan Banyak Perusahaan yang Beralih Menggunakan Assessment Center Berbasis Online

Perusahaan besar umumnya mempekerjakan lebih banyak Sumber Daya Manusia dibandingkan dengan perusahaan kecil atau yang masih berkembang. Sehingga terkadang HR tidak bisa mengawali secara cepat satu persatu SDM tersebut. Hal ini jugalah yang kemudian membuat mereka mempercayakan proses penilaian dan pemantauan ini lewat assessment center. Karena sekarang layanan semacam ini juga sudah banyak ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan baru yang ada di Indonesia.

Kegiatan assessment ini sendiri pada dasarnya bukan hal yang baru lagi, bahkan sudah menjadi bagian penting dalam sebuah perusahaan untuk menilai kinerja dari karyawan mereka, mengetahui kompetensi mereka, apakah ada kemajuan ataukah tidak bahkan juga dapat digunakan sebagai sarana agar tepat sasaran di dalam memilih jenis pelatihan yang tepat untuk diikuti karyawan tersebut nantinya. Layanan ini juga hadir semakin bervariasi tak hanya yang konvensional saja, melainkan juga ada yang sistemnya sudah online.

Jika seandainya perusahaan tidak mampu untuk menunjang kegiatan assessment ini secara mandiri atau pribadi, maka dapat ditunjang dengan memakai jasa dari perusahaan lain, tentunya tidak kalah praktis bukan. Dibandingkan dengan yang konvensional, banyak orang yang nyatanya lebih memilih assessment center berbasis online saat ini, diantara alasannya adalah:

  1. Membantu kegiatan assessment menjadi lebih cepat, memang jika dilihat penilaian berbasis online ini sudah mengandalkan teknologi terbaru, dalam beberapa kegiatan seperti diantaranya adalah screening calon karyawan baru dan sejenisnya, dimana jumlah pelamar sendiri juga tak bisa dikatakan sedikit, nantinya ia akan membantu agar proses assessment menjadi jauh lebih cepat jika dibandingkan sistem konvensional atau manual bukan.
  2. Praktis, prosesnya juga jauh lebih praktis dimana memang tidak harus langsung ada di tempat, melainkan dapat dilakukan dari mana saja dan nantinya layanan ini yang akan berjalan dengan sendirinya. Sangat cocok untuk perusahaan besar yang tingkat kebutuhannya tinggi untuk melihat kompetensi dari calon SDM maupun juga SDM mereka.
  3. Pilihan paling tepat di masa pandemi seperti sekarang, di saat pandemi Covid-19 tidak dapat dipungkiri jika seandainya interaksi secara langsung ini mulai dibatasi, termasuk diantaranya adalah di dalam dunia kerja, hal tersebut digunakan untuk menekan penyebaran Covid-19, sehingga dengan adanya assessment online ini juga akan semakin aman tentunya untuk Anda.
  4. Perusahaan bisa lebih fokus pada kegiatan utama mereka, tugas dari HR juga banyak tak sekedar pada kegiatan assessment ini saja, melainkan masih ada banyak yang lainnya. dengan mempercayakan assessment lewat teknologi online, maka akan semakin meringankan pekerjaan tersebut, membuat perusahaan bisa lebih fokus pada kegiatan lain yang lebih utama.
  5. Hemat biaya, program assessment secara langsung harus mendatangkan banyak orang, mengagendakan waktu serta biaya yang tidak bisa dikatakan sedikit. Agak berbeda dengan assessment yang dilakukan secara online ini, karena memang nantinya mampu untuk memangkas lebih banyak biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.

Namun juga harus selektif di dalam memilih perusahaan penyedia layanan assessment center ini yang tepat, pastikan yang sudah terpercaya seperti diantaranya adalah dari Prasmul-ELI, punya pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang pengembangan SDM, termasuk juga program sertifikasi, konsultasi sampai dengan assessment ini juga ada. Untuk

informasi lengkapnya dapat mengunjungi https://prasmul-eli.co/id/programs/public-assessment-center-Programs