Pada Tahun 2020 menjadi awal mula BUMN berupaya membantu UMKM melek digital yaitu dengan hadirnya Platform inisiasi Kementerian BUMN dan BUMN lainnya yang bernama Pasar Digital UMKM. Semenjak peluncurannya dengan topik pengadaan barang dan jasa BUMN serta jual barang dan jasa BUMN menjadi tombak kebahagiaan UMKM yang sangat antusias untuk bergabung di dalamnya.

Dikutip dari Media Sosial PaDi UMKM (26/12/20), PaDi UMKM memilki Tips-tips umum seputar produk untuk para pelaku usaha UMKM terutama bagi yang baru bergabung di platform digital pengadaan barang dan jasa pemerintah ini. Dengan adanya tips dan trik seputar produk ini diharapkan para pelaku usaha UMKM yang ingin mencoba mengunggah produknya agar terlihat lebih menarik dimata para pembeli yaitu pihak BUMN.

Tips produk kali ini yaitu mengenai membuat judul produk yang menarik minat pembeli, ketika judul yang diberikan sebagai tanda pengenal kelebihan produk yang dijajakan, tentu pembeli yang melihat lima detik pertama akan menentukan tertarik atau tidak melihat produk UMKM tersebut saat mereka melakukan pencarian produk tersebut. Dari berbagai vendor yang mendagangkan produk yang sama persis, tetapi setiap vendor wajib memiliki identitas yang berbeda dan unik dalam setiap kemasan serta judul produknya. Kualitas dan tampilan menarik tentu akan mudah menarik minat pembeli untuk segera pesan produk tersebut.

Judul yang ditambahi dengan kata-kata asli/original, tidak kaleng-kaleng, ataupun harga siap bersaing pasti membuat pembeli bertanya-tanya, bagaimana toko sebelah? Apakah sama? Ataukah harga memang beda? Apa mungkin kualitasnya juga beda jauh? Seperti yang disampaikan sebelumnya, judul sangat mempengaruhi berbagai keputusan pembelian yang dilakukan oleh pihak BUMN sebagai pembeli ketika mereka mencari produk yang dituju.

Langkah tepat untuk membuat judul produk yang menarik adalah Gunakan rumus penamaan produk, dengan cara Jenis Produk ditambah brand ditambah lagi keterangan, contoh : Bakso sapi (Jenis) + Berkah Jaya (Brand) + 500 Gram (Keterangan). Dengan memakai rumus tersebut dan penjual bisa mengubah sesuai dengan keperluan yang dituju untuk menjual produk, semua tetap kembali pada kreatifitas para penjual sesuai dengan kenyamanan yang diinginkan.

Platform digital ini berupaya untuk menjawab setiap pertanyaan yang disampaikan bahkan keluhan yang dirasakan oleh para pelaku usaha dengan cepat dan tanggap. Menurut tim PaDi UMKM, seputar pendaftaran menjadi topik terhangat yang mengisi media sosial mereka, karena begitu banyak pelaku usaha UMKM tersebut yang masih meraba platform digital ini sehingga tuntunan yang mengiringi setiap proses pendaftaran mereka dilakukan dengan lengkap dari mulai hal terkecil untuk dijelaskan agar tidak adanya perbedaan komunikasi saat program ini hadir untuk membantu mereka berdagang secara online.

By menarik