Seni Menata Akuarium ( Aquascape )

Trend menata aquarium belakangan ini semakin disukai dan di gandrungi masyarakat terutama di saat memasuki masa pandemic. Memang trend ini tidak terbilang baru, meski masih banyak orang tidak mengetahui perbedaan aquarium biasa dan aquascape, namun keduanya tetap memerlukan part – part yang harus disediakan diantaranya adalah aquarium filter.

  • Seni Aquascape

Orang orang yang menyukai akuarium biasanya mengisi aquarium tersebut dengan isi aquarium tertentu kemudian membeli ikan dan memasukan ikan – ikan ke dalamnya. Banyak macam nya untuk mengisi aquarium tersebut selain ikan, alat alat kebutuhan ikan pun ikut dimasukan kedalam akuarium, seperti aquarium filter, lampu, dan terkadang alat untuk menstabilkan suhu air di dalam akuarium yang dinamakan heater-cooler.  Aquascape lebih menyuguhkan alam dan di dalam akuariumnya dan juga di tata dengan sedemikian rupa agar mnyerupai alam aslinya. Sedangkan pada ekosistem air yang alami terdapat tiga jenis unsur yaitu air, tanaman dan hewan. Begitu juga bagi orang – orang yang suka dengan aquascape mereka ingin agar akuariumnya akan menjadi keindahan alam yang lebih mempesona dibandingkan dengan akuarium biasa. Itulah memang seni menata akuarium, susah susah gampang untuk melakukan hobi ini tidak semua orang dapat melakukannya,  dan memang diperlukan skil untuk menghadirkan aquscape yang bagus serta menjaga keseimbangan kehidupan didalam akuarium tersebut.

  • Tingkat kesulitan menata akuarium

Pada umumnya orang orang yang hobi akuarium yang amatir atau pemula, masih berusaha untuk menjadi bisa dalam menggambungkan ikan tanaman air dalam atu aquarium. Orang yang masih pemula masih menggunakan macam macam tanaman yang cepat tumbuh dan berkembang , sementara yang hobi akuarium yang medium mereka memperhatikan cahaya, co2, untuk menyeimbangkan suhu air dan keindahan akuarium yang sudah di tata. Apalagi untuk orang yang tingkatan hobinya sudah mahir semua komponen yang ada di akuarium di perhitungkan dengan detail,  seperti semua macam tumbuhan air sudah dapat mereka tanam. Tentunya dengan memerlukan cahaya dan co2 yang tinggi serta memerlukan akuarium filter yang berkualitas tinggi, oleh karenanya perawatan aquascape di perlukan ketelitian yang ekstra, sehingga tingkat kesulitan bisa di atasi.

  • Pemeliharaan makhluk hidup di akuarium

Apalagi ikan dan tumbuhan yang dimasukan kedala akuarium mempunyai kebutuhan yang berbeda beda terutama hal udara, keadaan air, dan pakan ikan yang bagus, sehingga mahkluk hidup yang dipelihara akan nyaman dan aman. Pengkombinasian komponen akuarium tumbuhan, air, ikan serta part part yang di butuhkan seperti akuarium filter, harus memiliki hasil dengan keindahan yang mempesona di samping tidak lepas dari merawat part yang harus di kerjakan, itulah hal yang harus di perhatikan dengan sangat teliti.

  • Cahaya

Kalau kita  sedang menata pada akuarium kita harus memperhatikan dengan pasti bahwa pencahayaan untuk akuarium yang sedang di kerjakan harus benar- benar baik. Disamping untuk memberi keindahan pada akuarium itu sendiri juga terlebih untuk menyeimbangkan air agar tidak terlalu dingin. Cahaya itu juga berfungsi sangat fatal sekali karena cahaya tersebut menjadi sumber cahaya untuk fotosintetis tumbuhan yang ada pada akuarium.

  • Aquscape butuh tumbuhan yang bervariasi

Di karenakan akuarium biasa hanya menggunakan tanaman imitasi atau plastic maka berbeda dengan aquascape, tumbuhan tumbuhan yang di simpan di akuarium adalah tanaman hidup atau asli dapat berkembang biak, biasanya tumbuhan tumbuhan aquascape banyak macam dan jenisnya. Kita harus pintar pintar untuk menyesuaikan tanaman tersebut dengan komponen komponen yang lain sehingga akuarium yang sudah ditata dengan teliti akan menghasilkan aquascape yang bagus dan mempunyai keindahan plus, dan orang yang melihat nya juga sangat berdacak kagum denga kemahiran yang kalian kerjakan.