Pilihan Menu Makanan Sehat Untuk Anak Yang Aman Dikonsumsi

 

 

Makanan yang sehat tentu saja penting diberikan bagi anak. Namun, orang tua harus memastikan bahwa makanan yang dipilih adalah aman untuk dikonsumsi setiap hari. Baik itu  menu makanan sehat untuk anak pada pagi hari, siang hari ataupun malam hari perlu diperhatikan.

Anda sebaiknya pilih makanan yang banyak kandungan gizi dan nutrisi tepat untuk anak. Bisa dengan memberikan satu jenis makanan saja atau kombinasi antara dua sampai tiga jenis makanan. Ini membantu asupan gizi anak terpenuhi sehingga pencernaan anak juga lancar dan membuat anak sehat dalam masa pertumbuhannya.

1. Susu

Susu merupakan salah satu menu makanan sehat untuk anak yang paling penting dikonsumsi terutama pada pagi hari. Susu menjadi salah satu sumber kalsium, vitamin D dan protein bagi anak. Konsumsi susu pada anak biasanya tergantung pada usianya.

Anda bisa pilihkan susu dari merk terbaik. Jika anak alergi dengan susu sapi, bisa memilih opsi untuk memberikan susu soya agar kecukupan konsumsi susunya tetap terpenuhi.

2. Sereal

Selanjutnya penting juga bagi anak untuk mengkonsumsi sereal. Anda bisa memilih sereal rasa plain agar lebih sehat. Atau bila memungkinkan, bisa memilih sereal dari biji-bijian utuh yang punya fortifikasi kalsium dan juga serat tambahan.

Untuk makan satu mangkuk sereal dengan rasa plain ini, bisa tambahkan pisang dan strawberry ataupun yoghurt. Menu sarapan seperti ini biasanya sangat disukai oleh anak-anak.

3. Roti Gandum

Pilihan menu makanan sehat untuk anak lainnya yang baik untuk dikonsumsi adalah roti gandum. Roti gandum ini punya kandungan protein, antioksidan, magnesium, vitamin B dan juga zat besi serta mineral. Semua kandungan ini tentu sangat baik untuk kesehatan tubuh anak. Agar anak menyukai roti gandumnya, maka bisa tambahkan selai kacang, strawberry ataupun selai nanas agar menggugah selera.

4. Salad Buah Dan Salad Sayur

Untuk makanan yang lebih bervariasi, Anda bisa memilih menu salad buah dan salad sayur. Ini merupakan salah satu menu yang bisa membantu anak untuk mulai menyukai makan buah dan sayur. Untuk salad buah, pilihan buahnya tentu sangat banyak. Mulai dari buah semangka, melon, anggur, magga, apel dan masih banyak lagi. Untuk campurannya Anda bisa memilih mayonaise dan parutan keju.

Sementara untuk menu salad sayur Anda bisa pilih campuran beberapa sayur yang disukai anak. Lalu tambahkan timun dan daun selada.

5. Sosis Dan Kentang Goreng

Bagi anak yang memang tidak menyukai untuk konsumsi sayur,  anda tidak boleh kehabisan ide. Pilih menu seperti sosis dan kentang goreng lalu tambahkan saus tomat. Membantu anak tetap mencukupi kebutuhan karbohidratnya pertama untuk menu makan pagi. Jadi sebelum akhirnya makan makanan berat pada siang hari, sosis dan kentang goreng ini bisa jadi pilihan makanan penambah energi anak.

6. Telur Dan Sayuran

Kombinasi antara telur dan sayuran juga bisa menjadi salah satu hidangan yang enak dan sehat untuk anak. Diketahui kuning telur punya fungsi untuk meningkatkan penyerapan karotenoid yang ada di dalam sayuran berwarna. Karotenoid ini adalah antioksidan untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit atau istilahnya membantu meningkatkan imun tubuh.

Jadi itu tadi beberapa menu makanan sehat untuk anak yang bisa anda jadikan menu andalan untuk anak. Menu-menu di atas baik dikonsumsi anak pada pagi hari, siang hari ataupun malam hari. Yang paling penting ketika memberikan makanan sehat untuk anak adalah pilihan menu makanannya yang bervariasi agar anak tidak merasa bosan dan lebih bersemangat untuk makan makanannya setiap hari.