Ini Dia 5 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Selain dengan mengunjungi dokter dan mengkonsumsi obat yang diberikan, cara lainnya untuk dapat menyembuhkan penyakit juga bisa menggunakan bahan yang disediakan alam sebagai obat alami. Bahan herbal tersebut bisa dipilih karena mempunyai banyak manfaat yang diberikan dan bisa dikonsumsi dalam jangka panjang. Ketika Anda terkena penyakit nantinya bisa memilih obat herbal dari bahan alami yang sesuai dengan manfaat yang ditawarkannya. Karena setiap bahan mempunyai manfaatnya masing-masing, sehingga Anda bisa mengenal bahan alami dan manfaat yang ditawarkannya untuk kesehatan. Misalnya saja bahan temulawak yang biasanya digunakan sebagai bahan obat, penyedap masakan alami, dan juga dibuat bahan minuman mempunyai manfaat untuk kesehatan. Misalnya saja beberapa manfaat temulawak  yang diberikan adalah:

 

1. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat pertama dengan mengkonsumsi temulawak adalah dapat untuk mengatasi masalah pencernaan yang dialami. Seperti misalnya bagi yang mengalami hilangnya nafsu makan, perut kembung, dan juga pencernaan tidak lancar bisa menggunakan temulawak untuk mengatasi hal tersebut. Hal tersebut karena temulawak mempunyai manfaat untuk merangsang produksi cairan empedu sehingga akan membantu pencernaan metabolisme makanan dalam tubuh. Manfaat dari temulawak ini ditemukan oleh sebuah studi yang menunjukkan bahwa pasien yang mengkonsumsi temulawak setiap hari dan mempunyai masalah peradangan usus mengalami proses penyembuhan lebih cepat dibandingkan pasien yang tidak mengkonsumsi temulawak.

 

2. Obat diuretik

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan ketika mengkonsumsi temulawak dengan rutin adalah sebagai obat dierutik alami. Temulawak dapat mengambil kelebihan cairan dari pembuluh darah, sehingga hal tersebut akan mencegah tekanan yang ada di dinding pembuluh darah. Dengan manfaat tersebut akan membuat Anda mempunyai kesehatan yang lebih baik, karena proses ini dapat mencegah dan mengobati penyakit yang disebabkan oleh diuretik yaitu gagal jantung, gagal hati, edema, hingga mengalami masalah pada ginjal.

 

3. Menjaga kesehatan liver

Manfaat untuk kesehatan yang didapatkan ketika mengkonsumsi temulawak secara rutin adalah dapat melindungi hati dari berbagai penyakit. Mengkonsumsi ekstrak temulawak dapat melindungi organ hati dari karbon tetraklorida, aceminophen, hingga hepatotoksin yang dapat membuat masalah kesehatan seperti efek buruk pada hati. Oleh karena itulah akan sangat baik untuk mengkonsumsi temulawak sehingga bisa menjaga kesehatan liver sebagai organ penting dalam tubuh agar tetap sehat.

 

4. Obat antiradang

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dari temulawak adalah dapat digunakan sebagai obat antiradang. Bahan ini mempunyai kandungan senyawa antiradang sehingga dapat menyembuhkan radang yang dirasakan. Hal tersebut karena senyawa antiradang yang dipunyai temulawak akan dapat menghambat produksi dari prostaglandin E2 yang membuat peradangan. Sehingga dengan menggunakan temulawak Anda bisa mengobati dan mencegah peradangan yang terjadi utamanya radang sendi yang membuat rasa tidak nyaman. Cara mendapatkan manfaat ini juga sangat mudah yaitu bisa dikonsumsi dengan rutin dengan dibuat minuman hangat.

 

5. Mencegah dan mengobati kanker

Manfaat temulawak terakhir yang bisa Anda rasakan adalah dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mencegah kanker. Ada beberapa penelitian yang dilakukan yang mengklaim bahwa temulawak mempunyai manfaat dapat mencegah hingga mengobati kanker. Utamanya untuk jenis kanker usus, kanker payudara, dan juga kanker prostat. Misalnya saja penelitian yang dilakukan pada 2001 silam dari University of Maryland Medical Center, menunjukkan bahwa bahan herbal termasuk yang ada di dalam temulawak seperti zat antioksidan dapat bermanfaat untuk menghentikan pertumbuhan kanker. Utamanya pada penyakit kanker prostat yang diderita oleh seseorang.