Beginilah Cara Mudah Menyimpan Pisang Kepok

 

Pisang kepok merupakan salah satu buah pisang yang bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini mempunyai kandungan beragam mulai dari air, protein, karbohidrat, gula, serat, dan lainnya, sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh. Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat tersebut, bisa mengonsumsi pisang secara rutin. Akan tetapi karena pisang kepok sisir yang dibeli biasanya mempunyai banyak buah tentunya harus dihabiskan dengan segera atau bisa cepat busuk. Sehingga mencegah buah pisang cepat busuk, sebaiknya gunakan beberapa cara penyimpanan berikut ini untuk membuat pisang kepok lebih tahan lama.

Bungkus dengan Plastik

Cara pertama untuk menyimpan buah pisang agar tidak cepat busuk adalah dengan membungkus batangnya dengan plastik. Buah ini cepat busuk karena melepaskan gas etilen yang dapat membuat pematangan lebih cepat dari batangnya. Sehingga dengan membungkus batang pisang dengan plastik dapat untuk memperlambat pelepasan gas tersebut dan membuatnya lebih lama menjadi busuk. Cara membungkus batang pisang dengan plastik ini bisa dilakukan sekaligus, atau bungkus masing-masing batangnya sehingga membuat pisang kepok lebih awet.

Digantung

Cara menyimpan buah pisang kepok selanjutnya adalah dengan cara digantung. Ketika akan membeli pisang biasanya Anda pasti sudah tidak asing bahwa pisang akan di posisi atas dengan digantung. Hal tersebut tentu saja tidak sembarangan karena mempunyai manfaat yang dapat untuk membuat pisang tidak cepat busuk. Buah pisang kepok sisir yang telah dibeli dan ingin disimpan lebih lama sebaiknya disimpan dengan cara digantung. Hal tersebut karena pisang mengeluarkan gas yang membuatnya cepat matang dan dapat dicegah apabila menyimpannya dengan digantung. Cara ini akan membuat pisang dalam keadaan segar lebih lama dan juga dapat mencegah munculnya bercak hitam. Dengan cara digantung dapat untuk mengalirkan oksigen di sekitar pisang dan membuat gas etilen yang membuat pisang cepat matang tidak hanya berkumpul di satu buah saja. Oleh karena itulah cara ini bisa digunakan untuk menyimpan pisang di rumah agar tidak cepat matang.

Jauhkan Pisang dari Buah Lainnya

Cara ketiga untuk menyimpan pisang di rumah agar tidak cepat matang adalah cukup memisahkan dengan penyimpanan buah lainnya. Buah pisang, alpukat, pir, apel, dan juga tomat dapat memproduksi etilen sehingga membuatnya cepat matang apabila disatukan. Oleh karena itulah sebaiknya hindari untuk menyatukan macam buah tersebut apabila disimpan. Akan tetapi sebaliknya apabila ingin membuat buah cepat matang, maka bisa disatukan atau disimpan berdekatan dengan pisang.

Masukkan Lemari Es

Apabila ingin membuat sayur dan buah tidak cepat busuk dan bisa dimakan dalam waktu lebih panjang, cara klasik dan mudah untuk dilakukan adalah dengan memasukkannya ke dalam lemari es. Akan tetapi jangan masukkan dan campur dengan buah lainnya saat pisang dalam keadaan mentah. Tetapi cara tepat untuk menyimpan pisang ke dalam lemari es adalah ketika pisang kepok sudah dalam keadaan matang. Dengan suhu kulkas yang dingin akan membuat pisang lebih tahan lama untuk disimpan.

Selain untuk pisang kepok sisir, cara menyimpan pisang di atas juga bisa digunakan untuk jenis pisang lainnya sehingga bisa lebih tahan lama. Bagi yang ingin membeli pisang kepok maupun jenis lainnya bisa mendapatkan berbagai jenis pisang tersebut di TaniHub. Tempat ini menyediakan pisang yang cukup dibeli secara online, harga terjangkau dengan banyak promo, dan dijamin kesegerannya sehingga bisa menjadi tempat beli terbaik.